CARA MEMBUKA BLOKIR INTERNET NAWALA

Jika anda tidak bisa membuka situs kami dan muncul sebuah pesan larangan, berarti jaringan internet anda diblokir melalui Nawala Project yang dioperasikan menkominfo.

Nawala Project adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan konten negatif. Nawala Project secara spesifik akan memblokir jenis konten negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, nilai dan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, Nawala Project juga akan memblokir situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

Nawala menggunakan filter pada DNS. Untuk anda yang diblokir oleh Nawala, artinya anda di arahkan menggunakan DNS Nawala terlebih dahulu lalu Nawala akan memfilter situs yang termasuk konten negatif atau tidak, jika termasuk konten negatif maka akan muncul halaman Nawala bahwa konten ini adalah konten negatif.

Contoh Tampilan Pemblokiran Nawala: 

Cara Mengatasi Pemblokiran Nawala:

1. Kik Control Panel.


2. Klik Network dan Internet, kemudian Network and Sharing Center, dan klik Change adapter settings.


3. Untuk mengubah pengaturan untuk koneksi, koneksi nirkabel klik kanan Wireless Network, dan klik Properties.


4. Pilih tab Networking. Di bawah koneksi ini menggunakan item berikut, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4, kemudian klik Properties.


5. Lalu pilih tab GENERAL, dibagian bawah , pindahkan titik dari “Obtain DNS server address automatically” ke bagian yg bawahnya yaitu “Use the following DNS server addresses:”

Lalu ganti alamat tersebut dengan alamat IP dari DNS server Google:


6. Anda sudah terbebas dari NAWALA BLOCKER, silahkan buka kembali browser anda.